Aku mengobati hati selama 10 tahun, lisan selama 10 tahun, dan jiwa juga selama 10 tahun. Hati adalah yang paling sulit diantara ketiganya. Maka, perhatikanlah masalah hati ini!

!عالجت قلبي عشرا و لساني عشرا ونفسي عشرا فكان قلبي أصعب الثلاثة. فهذه هذه

منهاج العابدين، الغزالي

 

Nabi saw bersabda, “Ingatlah bahwa di dalam jasad itu ada segumpal daging. Jika ia baik, maka baik pula seluruh jasad. Jika ia rusak, maka rusak pula seluruh jasad. Ketahuilah bahwa ia adalah hati.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Adapun hati adalah inti dari segala inti dalam tubuh manusia. Jika hati rusak, maka rusaklah seluruh tubuh. Jika hati ini bagus, maka baguslah juga seluruh perangai tubuh. Hati ibarat batang pohon, sedangkan anggota tubuh lainnya bagaikan tangkai-tangkai yang mengelilinginya. Dari batang pohon inilah, tangkai-tangkai itu menyerap seluruh asupan makanan dan minumannya. Tangkai-tangkai itu bisa baik dan rusak, semua tergantung batang pohon intinya.

Hati juga laksana seorang raja, dan anggota tubuh lainnya bak pengawal dan prajurit yang mengikutinya. Jika sang raja (mengkomando dengan) baik, maka pengikutnya juga akan baik. Namun jika sang raja (mengkomando) dengan cara yang tidak baik, seluruh pengikutnya akan menjadi korban, rusak dan binasa. Jika mata, lisan, perut, dan anggota tubuh lainnya berperangai baik, maka itu adalah satu pertanda bahwa hatinya baik.

(Disarikan dari kitab Minhaj al-Abidin karya Imam al-Ghazali hal. 98)