Ketahuilah sesungguhnya seseorang tidak takabbur kecuali merasa bahwa dirinya mulia. Sejatinya seorang hamba tidak akan merasa demikian kecuali ia merasa bahwa ia memiliki sifat sempurna.

اعلم أنه لا يتكبر إلا من استعظم نفسه، ولا يستعظمها إلا وهو يعتقد لها صفة من صفات الكمال.
إحياء علوم الدين

Imam al-Ghazzali berkata “Ketahuilah sesungguhnya seseorang tidak takabbur kecuali merasa bahwa dirinya mulia. Dan seorang hamba tidak akan merasa demikian kecuali ia merasa bahwa ia memiliki sifat sempurna.”

Termasuk penyakit hati yang merusak adalah sifat sombong. Sombong merupakan sifat syaitan yang membuatnya dikeluarkan dari surga.

Kita bisa amati begitu Agungnya bahaya sifat sombong, makhluk bernama syaitan yang sungguh taat beribadah bisa dikeluarkan dari surga.

Rasulullah bersabda: “Allah berfirman: sombong dan keagungan adalah pakaian ku, barang siapa melepas nya dari ku, maka akan aku hancurkan.”

Beliau juga berkata, “Tidak akan masuk surga seseorang yang dihati nya ada kesombongan seberat biji.”

Hendaknya seseorang tetap merasa tawadhu dan rendah hati agar dihindarkan dari sifat sombong. Selalu merasa diri hina, dan melihat orang lain tidak dengan pandangan hina. Bahwa orang lain lebih baik dari kita.

Bahkan imam Ibnu Athoillah assakandari berkata : “Boleh jadi maksiat yang membuat hamba menjadi merasa hina lebih baik daripada ibadah yang menghasilkan kesombongan dan mengagungkan diri.”

Marilah kita membersihkan diri dari sifat sombong ini. Karena ibadah tidak akan ternilai ketika dibarengi dengan kesombongan.